Lampu Rem Mobil Mati? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya


Lampu Rem Mobil Mati? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Banyak kasus kecelakaan mobil yang sebenarnya disebabkan oleh kelalaian pengendara yang kurang memperhatikan kondisi komponen kendaraannya. Lampu rem mobil bisa jadi penyebab terjadinya kecelakaan. Meskipun terlihat sederhana, namun akibatnya bisa fatal.

Tidak menyalanya lampu rem justru bahaya karena kendaraan lain tidak bisa melakukan jaga jarak dan tetap melaju. Hal ini bisa menyebabkan kecelakaan yang diakibatkan tidak adanya tanda pemberitahuan untuk jaga jarak. Untuk menghindari kecelakaan tersebut, Anda harus segera memperbaiki lampu remnya dengan mengenali penyebab dan mengatasinya.

1.    Bohlam yang Sudah Rusak
Apabila bohlam rusak, maka secara otomatis lampu rem mati dan harus segera diganti agar kembali berfungsi dengan baik. Bohlam yang rusak ini bisa disebabkan oleh putusnya kabel yang ada di dalam bohlam. Dengan demikian, Anda harus mengganti bohlam tersebut dengan yang baru agar lampu rem bisa berfungsi lagi seperti sedia kala.

2.    Bohlam yang Pecah
Lampu rem yang mati bisa disebabkan oleh bohlam yang memang sudah pecah. Pecahnya bohlam rem tersebut bisa karena kecelakaan atau perampokan. Bohlam rem tersebut harus segera diganti dengan yang baru agar lampu rem bisa kembali menyala dan berfungsi optimal. Gantilah lampu rem dengan lampu baru, sehingga benar-benar berfungsi baik.

3.    Bagian Switch Rem yang Rusak
Switch rem yang rusak juga bisa menyebabkan lampu rem mobil mati. Untuk mengecek kondisi switch rem, sambungkan 2 buah kabel yang digabungkan dengan switch. Pertama, lepaskan dulu kabelnya dan ketika sudah dihubungkan dan lampu rem menyala, berarti benar bahwa switch rem mobil Anda mengalami kerusakan. Gantilah dengan yang baru.

4.    Kabel yang Terputus
Kabel yang terputus pada bagian lampu rem bisa menjadi penyebab matinya lampu rem. Untuk memastikannya, Anda wajib mengetahui jalur kabel dan memeriksanya secara runtut. Biasanya, kabel yang terputus tersebut disebabkan oleh binatang pengerat, termasuk tikus.

Ketika lampu rem mobil mati karena kabelnya terputus, solusi terbaik yang harus dilakukan adalah mengganti kabel tersebut dengan kabel yang baru. Anda bisa membawa mobil ke bengkel untuk diganti kabel lampu remnya. Tindakan ini harus segera dilakukan agar lampu rem segera berfungsi kembali.

5.    Dudukan Bohlam Rem Rusak
Salah satu penyebab lampu rem mati adalah dudukan bohlam rem yang mengalami kerusakan. Dudukan bohlam yang rusak juga bisa membuat lampu rem mati. Untuk memastikan kerusakan dudukan bohlam, lepaslah bohlam dan gantilah dengan bohlam lain yang masih baru. Apabila lampu tidak menyala, maka dudukan bohlam benar-benar rusak.

Ketika kondisinya sudah pasti mengalami kerusakan, segeralah ganti dudukan bohlam tersebut agar lampu rem bisa kembali berfungsi dengan baik. Tanda bahwa Anda melakukan pengereman bisa muncul kembali dan pengemudi lain bisa menjaga jarak dari mobil Anda. Dengan demikian, kecelakaan akibat hal sepele bisa dihindari.


Itulah beberapa penyebab mengapa lampu rem mobil mati beserta dengan solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Apabila lampu rem terbukti mati, maka sangat penting bagi Anda untuk segera melakukan pengecekan dan mengetahui apa penyebabnya, kemudian langsung mengatasinya. Lakukan hal ini agar selamat dalam berkendara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lampu Rem Mobil Mati? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar